ALBANI MUHADDIST?


Tajuk: ALBANI MUHADDIST? Petikan soalan dan jawapan dari web Habib Muzir Al Musawa murid kepada Al Allamah Al Habib Umar bin Hafidh Tarim Hadramaut, Yaman
Oleh: Tok Uban Al-Kelantani

Soalan : ALASAN KENAPA SYAIKH MUHAMMAD NASHIRUDDIN AL ALBANI ADALAH SEORANG MUHADDITS:
1. Beliau mendapat Ijazah Sanad dari Syaikh Bahjatul Baytar yang bersambung kepada Imam Ahmad. Silakan lihat Hayatu Al Albani oleh Syaikh Asy Syaibani.

2. Beliau mempunyai kemampuan Takhrij, Tahqiq, Ta’lid, dan Jarh wa Ta’dhil, dimana dengan kemampuan ini beliau dapat memilah hadits-hadits Shahih dan Dhoif.

3. Beliau mempunyai kemampuan Nasikh dan Mansukh yang di antara manfaat dari ilmu ini adalah untuk menafsirkan Al Quran dan memadukan dua hadits shahih yang sepintas bertentangan.

4. Tsiqoh (terpercaya) karena kejujurannya.

5. Dhobit karena kekuatan hafalan dan keteraturan tulisannya.

6. Ghiroh (semangat dan cinta) dalam mendalami ilmu hadits. Beliau memulainya pada usia 20 tahun sampai akhir hayatnya di usia 86 tahun. itu artinya 66 tahun usianya dihabiskan untuk mempelajari hadits.

7. Beliau mendapat Syahadah (pengakuan/kesaksian/rekomendasi) dari para Masyaikh. Kitab-kitabnya pun menjadi rujukan bagi para penuntut ilmu.

8. Beliau jauh dari Bid’ah, Ahwa’ dan Ilmu Kalam, dimana semua ini adalah penyakit yang menggerogoti Sunnah.

9. Beliau membela hadits-hadits nabawi dari pelecehan dan tipu daya kaum rasionalis dan orientalis, baik dari kaum Muslim sendiri seperti Jahmiyah dan Mu’tazilah, maupun dari kaum Zanadiqoh dan Kuffar.

10. Kehati-hatian beliau dari Bid’ah, Ahwa’ dan Ilmu Kalam. Beliau juga sangat berhati-hati dalam menghukumi suatu hadits.

11. Sifat tawadhu’ beliau dalam menerima kritik dan ralat, meskipun itu dari orang yang ilmunya di bawah beliau.

12. Beliau adalah salafi. Al Hafidz Adz Dzahabi berkata: “Yang dibutuhkan oleh seorang hafizh adalah hendaknya bertakwa, cerdas, mahir Nahwu, mahir ilmu bahasa, memiliki rasa malu dan salafi.” (Siyar A’lamin Nubala, XIII:380)

JAWAPAN habib muzir :

1. jika sanad guru itu benar ada pada albani, maka ia tak akan mengingkari para muhadditsin sebelumnya, dan orang yg mempunyai sanad pun tidak berguna jika ia ingkar pada syariah, apakah ia ma’shum setelah punya sanad?

saya mempunyai sanad kepada Imamussab’ah, yaitu Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Tirmidziy, Imam Nasai, Imam Abu Dawud, Imam Ibn Majah, dan Imam Ahmad, lalu apakah saya ma;shum…?, tentunya tidak, dan fatwa saya tidak berguna jika saya bertentangan dg para Muhadditsin (alhamdulillah saya tidak pernah berfatwa apapun, saya cuma pecinta ahli hadits dan sesekali bukan ahli hadits).

Albani bukan muhaddits, muhaddits adalah sudah lewat masanya, mereka yg telah mendengar suatu hadits dari periwayatnya, jumpa dg periwayatnya, lalu menelusuri riwayat si periwayat itu, lalu memutuskan apakah riwayatnya shahih atau dhoif, itulah muhaddits, kapan albani berjumpa dg periwayat hadits?, ia cuma nukil nukil dari sisa sisa hadits di buku yg tersisa, yg jika dikumpulkan maka tak mencapai 100 ribu hadits, kecuali dengan hadits hadits yg belum dibukukan,

sedangkan kita bisa bayangkan Imam Ahmad bin Hanbal hafal 1 juta hadits berikut sanad dan hukum matannya, lalu ia hanya sempat menulis sekitar 20 ribu hadits pada musnadnya, sisanya sirna ditelan zaman..

lucu kalau ada orang masa kini menghukumi hadits dg riwayat yg kurang dari 10% hadits yg ada, yg ada masa kini adalah sisa sisa yg masih ada, kita hanya bisa mengikuti fatwa para muhaddits terdahulu, karena mereka menyaksikan ratusan ribu hadits bahkan lebih dari 1 juta riwayat.

bukan yg bangun kesiangan lalu menukil hadits sisa sisa lalu berfatwa menjatuhkan fatwa para muhadditsin rahimahumullah.

siapapun dia dimasa bukan masa para Muhaddits, walau mempunya sanad ribuan sekalipun (apalagi cuma satu sanad, itupun diragukan), jika bertentangan dg Jumhur (mayoritas) ulama hadits maka fatwanya batil dan mengikutinya adalah kesesatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s